Mesin Kasir/ Cash register adalah suatu peralatan mekanik
maupun elektronik untuk menghitung dan mencatat transaksi penjualan yang
biasanya terintegrasi secara modul dengan laci (cash drawer) untuk menyimpan
sejumlah mata uang. Cash register umumnya juga mengeluarkan hasil cetak (print)
dari struk penjualan (receipt) untuk pelanggan.
Pada umumnya laci/ drawer mesin kasir atau cash register
akan terbuka secara otomatis setelah ada penjualan atau transaksi kalaupun
tidak yang bisa membuka hanya pengawas atau pemilik. Ini bertujuan untuk
mengurangi resiko dari kehilangan dan pencurian.
Hampir semua mesin kasir memiliki tombol NS (No Sale) yang
bertujuan untuk membuka laci tanpa adanya transaksi dan tombol inipun bila
digunakan akan terekam dalam laporan akhir oleh pengawas atau pemilik. Ada
beberapa mesin kasir yang saat ini dilengkapi sandi/ password untuk melakukan
transaksi seperti NS tadi.
Beberapa fungsi lainnya dari mesin kasir/ cash register juga
digunakan untuk mencatatkan komponen pajak dalam penjualan.Saat ini beberapa
mesin kasir elektronik (Electronic Cash Register) bisa disambungkan dengan
perangkat bantu lainnya seperti timbangan digital, barcode scanner, juga
pembaca kartu kredit atau kartu debit.dan perkembangannya saat ini menagarah
pada penggunaan mesin kasir yang berbasiskan komputer (PC Based Cash Register /
Point of Sale POS).
Mesin kasir yang berbasiskan komputer biasanya juga
dilengkapi dengan software/ piranti lunak baik yang berbasiskan sistem operasi
DOS,Windows, Linux maupun Unix dimana data tersimpan dalam database baik di
mesin kasir tersebut maupun di server induknya. dan umumnya banyak Mesin kasir
yang berbasiskan komputer ini memiliki konfigurasi jaringan lokal (LAN)
Keunggulan Mesin kasir dibandingkan dengan sekedar software
penjualan biasa adalah di sistem keamanannya karena selain dari sistem
perangkatnya pun dilengkapi dengan kunci pengaman. Beberapa merek mesin kasir
meliputi CASIO, NCR, IBM, Wincor-Nixdorf, Sharp, Uniwell Toshiba TEC.
Mesin kasir ini dapat di temukan di minimarket seperti
Alfarmart. Yang terkait yaitu antara kasir dengan pembeli.
Harga merupakan elemen penting yang harus diketahui oleh
alfamart. Karena dengan mengetahui harga pasar maka alfamart dapat menentukan
tarif harga yang akan digunakan dalam kegiatan perdagangan dalam alfamart
tersebut. Disamping itu harga juga menjadi tolak ukur konsumen dalam menentukan
apakah ia akan belanja di alfamart tersebut atau akan belanja di swalayan lain
sejenis, karena dalam bisnis swalayan persaingan ditentukan akan tinggi
rendahnya harga pada suatu swalayan tertentu. Maka dengan harga yang sesuai
dengan pasar maka otomatis pelanggan ataupun konsumen yang datang akan semakin
banyak.
Konsumen atau pembeli adalah juga merupakan elemen penting
dalam kegiatan jual beli di Alfamart. Sebagai penjual Alfamart harus tahu
kondisi konsumen atau pembelinya. Dalam hal ini alfamart harus tahu apakah
konsumen di sekitar Alfamart adalah masyarakat dengan ekonomi menenga ke atas
atau kebawah, dengan demikian maka Alfamart dengan mudah dapat menentukan
produk – produk apa saja yang akan dijual di Alfamart tersebut.
Barang yang akan dijual dalam sebuah Alfamart bermacam –
macam. Maka untuk dapat menentukan barang yang bagaimana atau barang dengan
merek apa yang akan dijual oleh Alfamart tersebut dibutuhkan beberapa informasi
penting.
Misalnya informasi merek, karena kadang-kadang konsumen
memilih suatu barang karena merek dari barang tersebut terkenal, ditambah lagi
dengan harga yang lebih murah. Selain itu jenis barang yang sedang digemari
oleh masyarakat pada umumnya memiliki jumlah permintaan yang lebih banyak dibandingkan
barang lama atau tidak sedang IN. Hal lain yang sering membuat konsumen ingin
membeli suatu barang juga berdasarkan bentuk atau tampilan dari barang
tersebut.
Setelah informasi diatas dimiliki maka sebuah Alfamart dapat
melakukan kegiatan transaksi jual belinya dengan secara normal. Disamping
informaasi diatas Alfamart juga harus melakukan inovasi-inovasi dalam Alfamart
itu sendiri
misalnya memberikan diskon pada barang-barang tertentu atau
memberikan kemudahan-kemudahan bagi pelanggan tetap dalam Alfamart tersebut
sehingga pelanggan tidak bosan atau malas untuk berkunjung kembali ke Alfamart
tersebut.
Dokumentasi
0 komentar:
Posting Komentar