Kamis, 15 September 2016

Sistem Informasi di Alfamart

Edit Posted by with No comments

Mesin Kasir/ Cash register adalah suatu peralatan mekanik maupun elektronik untuk menghitung dan mencatat transaksi penjualan yang biasanya terintegrasi secara modul dengan laci (cash drawer) untuk menyimpan sejumlah mata uang. Cash register umumnya juga mengeluarkan hasil cetak (print) dari struk penjualan (receipt) untuk pelanggan.
Pada umumnya laci/ drawer mesin kasir atau cash register akan terbuka secara otomatis setelah ada penjualan atau transaksi kalaupun tidak yang bisa membuka hanya pengawas atau pemilik. Ini bertujuan untuk mengurangi resiko dari kehilangan dan pencurian.
Hampir semua mesin kasir memiliki tombol NS (No Sale) yang bertujuan untuk membuka laci tanpa adanya transaksi dan tombol inipun bila digunakan akan terekam dalam laporan akhir oleh pengawas atau pemilik. Ada beberapa mesin kasir yang saat ini dilengkapi sandi/ password untuk melakukan transaksi seperti NS tadi.
Beberapa fungsi lainnya dari mesin kasir/ cash register juga digunakan untuk mencatatkan komponen pajak dalam penjualan.Saat ini beberapa mesin kasir elektronik (Electronic Cash Register) bisa disambungkan dengan perangkat bantu lainnya seperti timbangan digital, barcode scanner, juga pembaca kartu kredit atau kartu debit.dan perkembangannya saat ini menagarah pada penggunaan mesin kasir yang berbasiskan komputer (PC Based Cash Register / Point of Sale POS).
Mesin kasir yang berbasiskan komputer biasanya juga dilengkapi dengan software/ piranti lunak baik yang berbasiskan sistem operasi DOS,Windows, Linux maupun Unix dimana data tersimpan dalam database baik di mesin kasir tersebut maupun di server induknya. dan umumnya banyak Mesin kasir yang berbasiskan komputer ini memiliki konfigurasi jaringan lokal (LAN)
Keunggulan Mesin kasir dibandingkan dengan sekedar software penjualan biasa adalah di sistem keamanannya karena selain dari sistem perangkatnya pun dilengkapi dengan kunci pengaman. Beberapa merek mesin kasir meliputi CASIO, NCR, IBM, Wincor-Nixdorf, Sharp, Uniwell Toshiba TEC.
Mesin kasir ini dapat di temukan di minimarket seperti Alfarmart. Yang terkait yaitu antara kasir dengan pembeli.
Harga merupakan elemen penting yang harus diketahui oleh alfamart. Karena dengan mengetahui harga pasar maka alfamart dapat menentukan tarif harga yang akan digunakan dalam kegiatan perdagangan dalam alfamart tersebut. Disamping itu harga juga menjadi tolak ukur konsumen dalam menentukan apakah ia akan belanja di alfamart tersebut atau akan belanja di swalayan lain sejenis, karena dalam bisnis swalayan persaingan ditentukan akan tinggi rendahnya harga pada suatu swalayan tertentu. Maka dengan harga yang sesuai dengan pasar maka otomatis pelanggan ataupun konsumen yang datang akan semakin banyak.
Konsumen atau pembeli adalah juga merupakan elemen penting dalam kegiatan jual beli di Alfamart. Sebagai penjual Alfamart harus tahu kondisi konsumen atau pembelinya. Dalam hal ini alfamart harus tahu apakah konsumen di sekitar Alfamart adalah masyarakat dengan ekonomi menenga ke atas atau kebawah, dengan demikian maka Alfamart dengan mudah dapat menentukan produk – produk apa saja yang akan dijual di Alfamart tersebut.
Barang yang akan dijual dalam sebuah Alfamart bermacam – macam. Maka untuk dapat menentukan barang yang bagaimana atau barang dengan merek apa yang akan dijual oleh Alfamart tersebut dibutuhkan beberapa informasi penting.
Misalnya informasi merek, karena kadang-kadang konsumen memilih suatu barang karena merek dari barang tersebut terkenal, ditambah lagi dengan harga yang lebih murah. Selain itu jenis barang yang sedang digemari oleh masyarakat pada umumnya memiliki jumlah permintaan yang lebih banyak dibandingkan barang lama atau tidak sedang IN. Hal lain yang sering membuat konsumen ingin membeli suatu barang juga berdasarkan bentuk atau tampilan dari barang tersebut.
Setelah informasi diatas dimiliki maka sebuah Alfamart dapat melakukan kegiatan transaksi jual belinya dengan secara normal. Disamping informaasi diatas Alfamart juga harus melakukan inovasi-inovasi dalam Alfamart itu sendiri
misalnya memberikan diskon pada barang-barang tertentu atau memberikan kemudahan-kemudahan bagi pelanggan tetap dalam Alfamart tersebut sehingga pelanggan tidak bosan atau malas untuk berkunjung kembali ke Alfamart tersebut.
Dokumentasi

   

                 

0 komentar:

Posting Komentar